Minggu, 12 September 2010

MENGENAL BIMBINGAN DAN KONSELING

v  APAKAH BIMBINGAN DAN KONSELING ITU?

Bimbingan dan konseling adalah bantuan yang diberikan kepada semua siswa baik secara perorangan maupun kelompok agar siswa dapat mengenal dirinya sendiri seperti  kelebihan dan kelemahan yang dimiliki, mengembangkan potensi, menyesuaikan diri dengan lingkungannya (sekolah, keluarga, teman sebaya), dapat merencanakan masa depan contohnya rencana setelah tamat SMP, dan juga agar siswa dapat menyelesaikan masalahnya dengan mengambil keputusan yang tepat.   

v  MENGAPA SISWA PERLU BIMBINGAN DAN KONSELING?

Siswa SMP berada pada usia remaja awal. Pada masa tersebut biasanya ditandai dengan perubahan perilaku karena merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Pada usia remaja merupakan proses pencarian identitas diri dimana pada satu sisi siswa tidak mau dianggap anak – anak sedangkan ia belum mandiri untuk bersikap dan berfikir dewasa sehingga terkadang terlihat seperti memberontak yang menyebabkan  perdebatan dengan orang tua bahkan lingkungan mereka sendiri.  

v  APA KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING?

1.     Layanan orientasi  yaitu layanan bimbingan dan konseling untuk membantu siswa mengenal dan memahami lingkungan yang baru dimasukinya.
2.    Layanan Informasi  yaitu layanan bimbingan dan konseling untuk memberikan berbagai informasi agar wawasan para siswa tentang berbagai hal lebih terbuka, seperti informasi cara belajar efektif, etika pergaulan teman sebaya,  bahaya Rokok, Miras, Narkotika atau informasi tentang pendidikan lanjutan, dan masih banyak lagi yang lain.
3.    Layanan penempatan dan Penyaluran yaitu untuk membantu siswa mendapatkan tempat sesuai dengan kondisi fisik, bakat, minat dan kemampuannya, contoh : memilih ekstrakurikuler.
4.    Layanan Pembelajaran,  ditujukan untuk membantu siswa agar memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang baik.
5.    Layanan Konseling Perorangan ditujukan untuk membantu siswa yang memiliki masalah (pribadi, hubungan sosial, belajar, karir dsb), dilakukan secara intensif sehingga siswa dapat menentukan sendiri keputusan yang akan diambil untuk menyelesaikan permasalahannya.
6.    Layanan Bimbingan Kelompok ditujukan untuk membantu siswa membahas secara bersama-sama suatu permasalahan yang dihadapi.
7.    Layanan Konseling Kelompok ditujukan untuk membantu siswa yang memiliki masalah yang sama melalui pertemuan yang intensif agar para siswa dapat menyelesaikan masalahnya dengan tepat.
8.    Aplikasi Instrumen dan Himpunan  ditujukan untuk mengumpulkan dan menghimpun berbagai data dan informasi tentang para siswa.
9.    Konferensi Kasus ditujukan untuk membantu memecahkan masalah yang dihadapi siswa melalui pertemuan berbagai pihak yang dipandang mengetahui dan dapat membantu memecahkan masalah siswa.
10.  Kunjungan Rumah, ditujukan untuk mengenal secara lengkap kondisi kehidupan siswa di lingkungan rumahnya.
11.  Alih Tangan Kasus ditujukan untuk membantu memecahkan masalah siswa dengan mengalihkan penganganan masalah kepada pihak yang dipandang tepat.

v  BAGAIMANA CARA SISWA  JIKA INGIN BERKONSULTASI DENGAN GURU BK?

1.     Siswa datang langsung ke ruang BK, artinya siswa yang ingin  berkonsultasi dapat langsung berhubungan dengan guru BK.
2.    Menuliskan pada sehelai kertas, kemudian masukkan ke KOTAK CURHAT yang ada di depan ruang BK.

Untuk berkonsultasi dengan guru BK, seorang siswa tidak harus memiliki masalah. Siswa yang memerlukan informasi tentang pendidikan lanjutan atau bagaimana menyalurkan hobi dan kegemaran, maka hal itu pun dapat dikonsultasikan dengan guru BK.
Jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dengan guru BK karena setiap guru BK mematuhi kode etik profesi salah satunya menjaga rahasia.  Insya Allah rahasia siswa akan aman.       (Dari berbagai sumber) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar